• "Aku Ada Untuk Mengabadikanmu, Bersamamu Kulihat Dunia Nyata"

    Black and White Digital




    Bagi sebagian orang, memandang foto hitam putih atau black and white (BW) adalah kenikmatan tersendiri untuk membuat foto lebih dramatis.

    Foto hitam putih atau monochrome adalah foto tanpa campuran elemen warna yang mengganggu selain hitam dan putih. Foto BW termasuk foto yang tak lekang oleh waktu.

    Dengan menonjolkan dua warna hitam dan putih, foto BW akan meninggalkan komposisi cahaya serta makna dari foto tersebut. Orang-orang bilang foto BW terlihat jujur, simple, apa adanya dan dramatis.

    Langkah-langkah memotret hitam putih menggunakan digital:

    • Ubah White balance

        Langkah pertama untuk memotret BW ialah mengatur WB ke Monochrome atau Black and White untuk yang cameranya sudah di install dengan setting white balance BW sebelumnya.

    •  Potretlah dalam Mode Warna

        Kamera digital menghasilkan rentan tone yang lebih lebar dalam mode warna karena dalam mode ini sensor mengambil data dari 3 chanel –Red, Green dan Blue atau RGB. Menggunakan pengaturan Hitam dan Putih pada kamera digital berarti kita akan kehilangan warna alami apa yang kalian potret, dan dilain sisi dengan memotret warna, kita akan selalu bisa mengonversinya dalam bentuk hitam putih dan tetap bisa menyimpannya dalam versi foto berwarna. Untuk itulah gunakan setting file raw saat memotret.  

    • Setting ISO Serendah Mungkin

        Bintik-bintik kecil putih yang muncul di foto anda atau biasa disebut NOISE akan tampak lebih menonjol dalam foto hitam putih disbanding dalam foto warna. Gunakan ISO serendah mungkin supaya pada saat foto diproses nantinya, noise bisa diminimalisir. Oh, iya pada sebagian foto hitam putih bisa memunculkan sedikit noise agar menambah kesan kuat pada foto tersebut, misal pada jenis foto Human Interest (HI).

    •       Sidelighting adalah Cahaya Terbaik

        Masih ingatkah anda materi tentang “Teknik Dasar Pencahayaan/ Lighting Fotografi”? Nah, ketika memotret diluar ruangan untuk foto hitam putih anda, tonjokan bentuk secara maksimal dengan mengandalkan pencahayaan samping (side lighting), sehinnga jatuh bayangan jadi sangat menarik. Side lighting terjadi saat anda memotret di pagi hari atau sore hari.

    • .      Mendung Saat Terbaik

        Saat mendung adalah saat terbaik membuat foto landscape hitam putih yang dramatis. Adanya mendung akan membuat kontras lebih rendah, dan ini adalah saat terbaik untuk foto hitam putih. Kita tidak akan terlalu peduli warna langit yang abu-abu.


    • .      Eksplorasi Tekstur, Pola, Garis

        Hal yang mutlak diperlukan dalam menciptakan foto hitam putih adalah bahwa untuk bisa membuat sebuah foto hitam putih yang bagus kita harus mendapatka tekstur. Tekstur, atau apa saja yang tampak seperti itu dan bisa ditonjolkan melalui warna hitam putih. Untuk itu eksplorasilah jika anda menemukan adanya komponen tersebut.


    Oleh: Divisi Black and White 

    0 komentar:

    Post a Comment

     
    Mohon Selalu Kritik & Sarannya Untuk Perubahan Yang Lebih Baik