• "Aku Ada Untuk Mengabadikanmu, Bersamamu Kulihat Dunia Nyata"



    Kali ini 26 Karya Dipamerkan!
    Jhepret News-Unit Kegiatan Mahasiswa Jhepret Club Fotografi (UKM JC) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kembali mengadakan pameran pasca diklat DIFOTO XVII di gedung Abdurahman Wahid  tepatnya di kawasan parkiran koperasi mahasiswa. Saat ini, karya pameran dihasilkan dari 22 pengkarya anggota muda JC yang berlangsung selama tiga hari diakhiri dengan sarasehan pada tanggal 25 Maret 2016.
    Ketua Pelaksana Diklat DIFOTO XVII, M. Nauvaldi R.T.S menyatakan bahwa pameran pasca diklat ini merupakan lanjutan peserta diklat dari proses diklat yang telah dilaksanakan pada tanggal 14 Febuari 2016 lalu, memiliki tujuan untuk mengasah kemampuan dan pemahaman sebagai tolak ukur peserta diklat sekaligus memperoleh eksistensi di dunia fotografi. Kali ini, anggota muda JC diwajibkan untuk menggelar karya dari hasil jepretannya sendiri sebagai persyaratan terakhir untuk menjadi angggota lulus diklat di UKM JC dengan pembaiatan (peresmian anggota). “Yaa tujuan dan maksud dari pameran ini merupakan follow up dari rangkaian kegiatan dan materi-materi  diklat indoor dan outdoor, nah disini mereka mempraktekkan yaitu dengan cara hunting, pameran dan lain-lain sekaligus untuk eksistensi mereka, ini looh kita anak fotografi”. Jelas Nauvaldi.

    Pameran ini bertemakan “secercah sinar” yang berarti sebagai langkah awal peserta diklat yang sudah memiliki karya (foto), kekompakan dan kesolidaritas dengan maksimal. Berikut ungkapan laki-laki yang akrab disapa Aldi menjelaskan mengenai prosedur peserta diklat dalam pelaksanaan pameran serta dalam penentuan karya pameran. “Awal langkah menuju pameran ini, kita dari pengurus mengadakan sosialisasi kalau mereka bakal mengadakan pameran. Setelah itu, mereka hunting sampai deadline tanggal yang ditentukan, kemudian mereka wajib mengevaluasi karya kepada pengurus atau para panitia diklat, karena dari eval nanti mereka mengetahui letak kekurangan dan kesalahan mereka selama memotret. Setelah itu, mereka mengkuratorin karya yang telah dieval kepada kurator untuk dinyatakan kelayakan karya yang akan dipamerkan.” Ujarnya.
    Dari segi penilaian karya, kali ini hanya mengutamakan fokus, croping serta maksud dari foto yang dipotret. Dan hasil karya yang dipamerkan terdiri dari empat jenis foto yaitu, landscape, human interest, stiil life dan model.
    Sementara itu, harapan ketua umum UKM Jhepret Club Fotografi  Ridwan Khairil Mufid dari rangkaian semua kegiatan diklat yang telah dilalui peserta diklat sampai pameran ini, dapat membuat generasi JC semakin berkembang bukan hanya dari segi fotonya saja, tetapi dari hal keorganisasian, sosial, solidaritas dan kedewasaan serta selalu belajar mengenai dunia fotografi. “Harus tetap semangat, terus dikembangakan dan diasah kemampuannya baik tentang fotografinya, keorganisasiannya, sosialnya sekaligus kedewasaannya” Jelas laki-laki yang berkumis tipis itu.
    Hal senada juga disampaikan dari salah satu pengunjung pameran Nindiya Puspita Sari mahasiswi UIN Maliki Malang FITK Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, menyatakan bahwa banyak hal yang dapat diketahui mengenai beberapa jenis-jenis foto yang telah digelar di pameran kali ini. “Dari pelaksanaan pameran kali ini, saya menjadi tahu tentang jenis-jenis foto yang ada di fotografi, berupa landscape, human interest yang objeknya berupa orang, still life dan model”. Katanya singkat.

    2 komentar:

     
    Mohon Selalu Kritik & Sarannya Untuk Perubahan Yang Lebih Baik