• "Aku Ada Untuk Mengabadikanmu, Bersamamu Kulihat Dunia Nyata"

    Tips & Trik Memotret B&W Fotografi



    1. Perhatikan kontras objek foto.

    Selalu perhatikan kontras objek foto yang akan kamu potret agar hasilnya lebih menarik. Hindari menggabungkan warna solid tunggal saat memotret objek dengan konsep foto B&W. Bukannya menarik, hasil jepretanmu bakal gak jelas dan akan terlihat gelap saja atau putih saja. Sebagai contoh, ketika kamu memotret langit dengan warna asli biru maka masukan unsur warna burung agar komposisi fotonya terlihat lebih imbang antara gelap dan terang.

    2. Bermainlah dengan pola dan tekstur objek.

    Jangan pernah takut bermain dengan pola dan tekstur. Dibanding dengan konsep berwarna, memotret dalam konsep hitam dan putih pada dasarnya sangat menarik. Karena objek yang kurang menarik jika dipotret menggunakan konsep warna jadi lebih estetis saat dipotret menggunakan konsep B&W asalkan tekstur dan pola dari objek harus diperhatikan. Se-simpel apapun objekmu, jika dipotret dengan benar dengan konsep hitam dan putih maka hasilnya akan semenarik.

    3. Manfaatkan mode HDR.

    Jika kamu memotret dengan kamera smartphone, cobalah untuk memanfaatkan mode HDR. Mode HDR atau High Dynamic Range ini dapat membantumu memunculkan detail pada objek yang sedang kamu potret. Dengan memanfaatkan mode HDR kamu bisa menghasilkan foto hitam dan putih yang lebih seimbang. Pasalnya, HDR bisa membantumu mencerahkan foto dan menyeimbangkan sisi gelap dari objek yang sedang kamu foto.

    4. Kreatiflah dengan fitur Kurva.

    Jika objek sudah kamu jepret dengan konsep hitam putih, tigasmu selanjutnya adalah mempercantiknya. Kamu bisa masuk ke fitur editing bawaan atau pihak ketiga. Pilih Curve alias fitur kurva untuk membentuk warna hitam dan putih yang sesuai dengan seleramu. Jika kamu mendapatkan feel yang pas maka saat mengedit hasil foto hitam putihmu bakal lebih dramatis dan lebih estetis.

    5. Gunakan ISO Rendah. 

    Menggunakan ISO rendah bertujuan untuk mengurangi efek noise pada foto ketika di konversi ke hitam putih. Dengan menggunakan ISO rendah maka noise ini akan diminimalisir sehingga kualitas foto menjadi maksimal. ISO rendah pun baik digunakan ketika pengambilan gambar di lokasi dengan cahaya yang cukup. ISO rendah mampu menangkap kekontrasan dengan baik yang akan membuat efek hitam putih lebih efektif. 

    Source: IDN Times.



    0 komentar:

    Post a Comment

     
    Mohon Selalu Kritik & Sarannya Untuk Perubahan Yang Lebih Baik