• "Aku Ada Untuk Mengabadikanmu, Bersamamu Kulihat Dunia Nyata"

    Enlarger Salah Satu Komponen Penting Ruang Gelap


        BW - Seperti yang disebutkan pada mading sebelumnya terkait perlatan fotografi hitam putih, enlarger adalah proyektor transparansi yang digunakan untuk menghasilkan cetak foto dari negatif film.

        Enlarger disambungkan dengan timer yang berguna untuk mengatur waktu dan menyinari negatif foto. Alat ini yang digunakan untuk menghasilkan cetak foto dari negarif film yang prosesnya dilakukan di kamar gelap.

        Cara kerja enlarger adalah dengan membakar kertas foto dengan cahaya. Kemudian cahaya dari enlarger akan diproyeksikan film ke arah kertas foto, sehingga gambar dalam film yg tertembus cahaya akan tercetak di kertas foto tersebut. 

        Cara mencuci cetak film dengan menggunakan enlarger merupakan cara tradisional. Cara ini telah menurun drastis dengan beralih ke fotografi digital dan digantikan oleh printer seperti ink-jet. Akan tetapi, dalam beberapa fotografi komersial dan seni juga di beberapa komunitas fotografi perguruan tinggi di mana kualitas kertas fotosensitif diinginkan cara cuci cetak tersebut masih digunakan. 



    0 komentar:

    Post a Comment

     
    Mohon Selalu Kritik & Sarannya Untuk Perubahan Yang Lebih Baik