• "Aku Ada Untuk Mengabadikanmu, Bersamamu Kulihat Dunia Nyata"

    Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Kamera Analog





    Pada zaman ini tidak sedikit orang yang menggemari kamera analog yang sulit ditemukan ini. Hal tersebut dikarenakan sudah banyak kamera digital yang penggunaan dan pengoperasiannya lebih mudah dan ringkas. Namun, kamera analog juga memiliki beberapa keunggulan, tak hanya kerugiannya saja. Langsung aja dibawah ini rincian keuntungan dan kerugian yang dimiliki kamera analog.

    Keuntungan

    §     1. Resolusinya lebih besar dari pada kamera digital

    Resolusi yang besar ini merupakan keunggulan yang dimiliki oleh kamera analog. Sehingga ketika hasil foto dari kamera ini dicetak dengan ukuran sebesar lemari atau lebih besar lagi, maka hasilnya tidak akan pecah.

    §       2. Tidak memerlukan daya baterai

       Nah, jika kalian menggunakan kamera analog, kalian tidak perlu cemas akan kehabisan dayabaterai. Karena kamera analog tidak memerlukan daya baterai. Daya baterai hanya akan dibutuhkan ketika digunakan untuk mengaktifkan exposure meter dan light meter.

    §    3. Komponen didalamnya kuat dan awet

    Komponen dalam kamera analog sendiri cenderung kuat awet dan tidak sensitif

          4. Tidak ada noise

    Salah satu keuntungan lainnya yaitu tidak adanya noise saat kalian menggunakan kamera analog pada ISO yang tinggi.



    Kerugian

    • Terlalu banyak fitur manual
      Karena kamera ini adalah kamera manual maka banyak sekali fitur—fitur yang harus dihafalkan supaya bisa mengoperasikan kameranya dengan optimal.

    • Rol film mahal
      Kamera analog sangat identik dengan adanya roll film. Namun, roll film ini sudah sangat sulit ditemukan di zaman yang serba modern ini dan tentu harganya tidaklah murah.

    • Hasil foto 
      Berbeda dengan kamera digital, pada kamera analog ketika kita akan melihat hasil foto, maka perlu untuk mencetaknya terlebih dahulu. Dan tentunya hal tersebut membutuhkan biaya tambahan.



    2 komentar:

     
    Mohon Selalu Kritik & Sarannya Untuk Perubahan Yang Lebih Baik