• "Aku Ada Untuk Mengabadikanmu, Bersamamu Kulihat Dunia Nyata"

    Mengenal Obscura, Nenek Moyang Kamera yang Dibuat Ilmuwan Muslim



                Sebelum adanya kamera digital seperti sekarang ini, kamera dahulu sangat berbeda sekali. Nenek moyang dari kamera adalah obscura. penemu prinsip kamera adalah Abu Ali Al-Hasan Ibn al-Haytham atau dikenal dengan Alhazen. Dia adalah ilmuwan asal Basra, Irak. Alhazen disebut juga sebagai bapak optik modern.Bukan hanya itu, dia juga merupakan orang yang pertama kali mempelajari cara kerja mata untuk dapat melihat. Pada abad ke-10, Alhazen membuat kamera pertama yang disebut kamera obscura. obscura berasal dari bahasa latin the dark chamber yang artinya ruang gelap. Kamera obscura disebut juga kamera lubang jarum. Benda itu dapat menunjukkan bagaimana cahaya bisa digunakan untuk memproyeksikan gambar pada permukaan datar. Selama berabad-abad teknik itu digunakan untuk melihat gerhana matahari tanpa membahayakan mata.

    Alhazen menemukan kamera obscura setelah memperhatikan cara cahaya masuk melalui lubang di daun jendela. Semakin kecil lubangnya, semakin bagus gambarnya. Menurut versi The Independent, obscura berasal dari bahasa Arab Qamara yang berarti kamar gelap atau pribadi. Alhazen awalnya meneliti dan merekam fenomena kamera obscura ketika mempelajari gerhana matahari. Untuk mempelajari fenomena gerhana, Alhazen membuat lubang kecil pada dinding yang memungkinkan citra matahari semi nyata diproyeksikan melalui permukaan datar.

    “Kamera obscura pertama kali dibuat ilmuwan Muslim, Abu Ali Al-Hasan Ibnu al-Haitham, yang lahir di Basra (965-1039 M),” ungkap Nicholas J Wade dan Stanley Finger dalam karyanya berjudul "The eye as an optical instrument: from camera obscura to Helmholtz’s perspective".

    Dunia mengenal Alhazen sebagai perintis di bidang optik yang terkenal lewat bukunya bertajuk kitab al-Manazir (Buku optik). Bradley Steffens dalam karyanya berjudul "Ibn al-Haytham: First Scientist" mengungkapkan bahwa kitab al-Manazir merupakan buku pertama yang menjelaskan prinsip kerja kamera obscura. “Dia merupakan ilmuwan pertama yang berhasil memproyeksikan seluruh gambar dari luar rumah ke dalam gambar dengan kamera obscura,” papar Bradley. Istilah kamera obscura yang ditemukan Alhazen pun diperkenalkan di Barat sekitar abad ke-16 M, lima abad setelah penemuan kamera obscura.

    Cardano Geronimo (1501 -1576), yang terpengaruh pemikiran Alhazen mulai mengganti lobang bidik lensa dengan lensa (camera). Meski Alhazen membuat kamera yang pertama, namun dia bukan fotografer pertama. Pada pertengahan 1600-an, saat lensa ditemukan, para seniman mulai menggunakan kamera obscura untuk membantu mereka menggambar dan melukis gambar dunia nyata yang rumit. Akan tetapi, hingga kini gambar itu belum ditemukan. Gambar dari kamera obscura yang dibuat pertama kali dibuat oleh ilmuwan Perancis, Joseph Nicephore Niepce, pada 1827. Niepce menempatkan ukiran ke pelat logam yang dilapisi aspal dan kemudian memaparkannya ke cahaya. Proses menghasilkan satu foto yang dibuat Niepce sangat lama, butuh waktu hingga 8 jam. Kemudian para ilmuwan bekerja keras untuk menghasilkan gambar dengan paparan sinar yang lebih singkat. Setelah itu berbagai jenis kamera bermunculan dan berkembang hingga seperti saat ini.




    0 komentar:

    Post a Comment

     
    Mohon Selalu Kritik & Sarannya Untuk Perubahan Yang Lebih Baik