• "Aku Ada Untuk Mengabadikanmu, Bersamamu Kulihat Dunia Nyata"

    Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Kamera Analog


    ·         Pahami segitiga exposure

    Sebelum kita memotret dengan kamera analog, terlebih dahulu harus memahami segitiga exposure diantaranya Apperture, ISO dan shutter speed.



    ·         Memilih kamera yang sesuai

    Sebelum melakukan pemotretan terlebih dahulu kamu harus memilih kamera apa yang akan kamu gunakan sesuai dengan budget atau modal yang kamu miliki. Karena kamera analog memiliki berbagai macam jenisnya.



    ·         Memilih film yang tepat

    Setelah melakukan pemilihan kamera analog yang akan dipakai, langkah selanjutnya yaitu perlu melakukan pemilihan film. Dalam pemilihan film ini kamu bisa memilih film yang berwarna ataupun hitam putih. Perlu diingat untuk memperhatikan tanggal expired dalam film tersebut agar bisa mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan.


    ·         Format film harus tepat

    Format film yang dipakai harus sesuai dengan ukuran slot film yang ada di dalam kamera yang telah kamu miliki. Format yang paling sering digunakan yaitu film 135 dan 35 mm, karena paling mudah dicetak dan sesuai dengan beberapa jenis kamera analog.

    ·         Memotret dengan hati-hati

    Ketika memotret dengan kamera analog, tidak disarankan untuk memotret secara tergesa-gesa, karena saat kita memotret dengan kamera analog kita tidak bisa melihat hasil tangkapan secara langsung. Sehingga diperlukan perhitungan yang pas untuk melakukan pemotretan agar hasil yang didapat sesuai dengan apa yang diinginkan dengan memperhatikan gelap dan terang dari objek yang akan difoto.

    ·         Jangan mudah menyerah

    Bagi seorang pemula, menggunakan kamera analog tidaklah mudah, karena setiap percobaan yang dilakukan hasilnya tidak langsung bagus, terkadang hasil foto yang didapat terlalu gelap atau terlalu terang. Hal tersebutu wajar terjadi, sehingga jangan mudah untuk menyerah dan terus eksplor kreativitasmu. 


    0 komentar:

    Post a Comment

     
    Mohon Selalu Kritik & Sarannya Untuk Perubahan Yang Lebih Baik