• "Aku Ada Untuk Mengabadikanmu, Bersamamu Kulihat Dunia Nyata"

    Apa yang harus diperhatikan ketika memotret foto hitam putih?


     

    Source: https://unsplash.com/photos/U4wRD0-rLAk


    1.         1. Pilih High Contrast Foto

    Pilihlah high contrast foto, lalu coba potret background teduh atau bukit gelap dengan langit yang cerah. Subjek seperti itu akan memberikan kontras yang mencolok antara terang dan gelap, sehingga kontras tersebut dapat memberikan efek sinar dalam foto hitam putih yang menakjubkan.

    2.      2. Gunakan Pola untuk Mengekspresikan Kontras

    Foto yang bagus biasanya memiliki beberapa pola (Patterns), coba potret sesuatu yang membuat mata penonton mengikuti pola dan mencari lebih banyak pola.

    Pola tersebut bisa berupa bebatuan di tanah, bilah rumput, mobil bergerak dari kiri ke kanan, lalu objek, tekstur, atau desain berulang lainnya.

    3.      3. Gunakan Aperture Kecil dan Iso yang Rendah

    Fotografi hitam putih harus menampilkan fokus yang tajam, konsisten, dan minimnya noise. Bukaan kecil dan ISO yang rendah akan membantu mencapai tujuan tersebut.

    Kemungkinan harus mencocokkan pengaturan pada lensa yang berbeda-beda, karena lensa wide tidak dapat merespons pengaturan pada kamera yang sama, seperti pada lensa tele dengan depth of field yang sempit.

    4.     4. Gunakan Rule of Third

    Aturan dasar rule of third membuat kisi tiga garis horizontal dan tiga garis vertikal, yang terlihat dari jendela bidik atau latar LCD kamera. Titik dimana garis itu bertemu adalah tempat yang menarik, oleh karena itu tempatkan subjek pada salah satu titik tersebut.

    5.     5. Perhatikan Histogram Kamera

    Setelah memotret, kamera digital dapat menampilkan histogram, yang merupakan representasi grafis hasil foto yang didapat. Histogram dari foto dengan komposisi yang baik akan menandai mayoritas piksel berada jauh dari hitam dan putih, yang paling ekstrim dari foto.


    0 komentar:

    Post a Comment

     
    Mohon Selalu Kritik & Sarannya Untuk Perubahan Yang Lebih Baik