• "Aku Ada Untuk Mengabadikanmu, Bersamamu Kulihat Dunia Nyata"

    Semangat Berkarya LARUT XVII


                Sudah hal yang tidak asing lagi bagi para fotografer mengadakan pameran karya, termasuk UKM Jhepret Club Fotogafi UIN Malang sendiri. Tepat pada tanggal 20 sampai 22 September 2016, JC mengadakan pameran fotografi khusus untuk ALD (anggota lulus diklat) XVII yang mana mereka sendiri menjadi panitia pelaksanaan gelar karya tersebut. Digelar di lingkungan sekitar kampus yang pastinya di antara bangunan gedung A dan gedung B dengan jumlah 16 karya terbaik yang diperoleh dari 11 pengkarya terbaik yang diketuai lang sung oleh Adin Nugroho Jody Admojo (salah satu anggota ALD XVII).


                Agar terkonsep pamerannya, maka ditentukanlah tema yaitu “in frame” dengan makna “di dalam bingkai”. Maksud dari makna tema tersebut merupakan tema umum yang di dalamnya terdapat empat sisi fotografi yaitu landscape, human interest, still life dan model, bertujuan untuk menggabungkan dan menyatukan  keempat sisi fotografi tersebut. Di samping itu, untuk tiap-tiap sisi memiliki tema sendiri : Landscape (nature), human interest (produksi), still life (buah dan sayur), model (colourfull). Selain itu, alasan mengapa mengambil tema ini, untuk mengasah lebih dalam skill fotografi sesuai passionnya masing-masing dengan memilih salah satu sub tema dari empat sub tema yang disatukan dalam in frame.

                “Alhamdulillah untuk pengunjung pameran kita kurang lebih ada 200 orang”. Ujar Adin singkat. Dapat disimpulkan bahwa, diperkirakan sebanyak 200 orang telah mengunjungi pameran ini. Walaupun pameran ini fokus pada angkatan XVII, tak lupa pula para pengurus Jhepret Club Fotografi juga mengambil peran dalam pelaksanaan pameran ini.



    Setiap kegiatan pasti ada beberapa kendala yang dihadapi. Untuk pameran disini kendala yang didapati berupa keterlambatannya dalam peminjaman tempat pameran, kurangnya karya yang dimiliki untuk pameran, khususnya buat karya human interest tidak ada yang masuk dalam proses kurasi dan di hari terakhir, tiga sketsel jatuh karena hujan dengan angin kencang sehingga pameran ditutup lebih awal tidak sesuai dengan jadwal. Akan tetapi, setelah dipaparkan hambatannya selama pameran berlangsung, ALD XVII tetap memiliki semangat juang dalam menyelenggarakan pameran ini.

    “Kebersamaan itu yang terpenting, sesusah apapun halangan dan rintangan yang dihadapi bersamaan, bakal gak kerasa susahnya, harapannya makin solid, terus berkembang, terus berkarya, lebih baik lagi.” Ujar lelaki bertubuh tinggi tersebut tentang kesan dan pesannya.


    “Diharapkan dalam pelaksanaan acaranya tolong dipersiapakan dengan niat yang tulus dan mantap, dan untuk hasil karya yang digelar pada pameran ini mengalami  perkembangan.” Singgung Ridwan jelas saran dan harapannya bagi ALD XVII.

    0 komentar:

    Post a Comment

     
    Mohon Selalu Kritik & Sarannya Untuk Perubahan Yang Lebih Baik