• "Aku Ada Untuk Mengabadikanmu, Bersamamu Kulihat Dunia Nyata"



    Saatnya reborn generasi JC yang Inovatif



    Jhepret News- Senin, 20 februari 2017 kemarin, UKM Jhepret Club Fotografi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kembali mengadakan open recruitment pada tanggal 01 sampai 10 Februari 2017 bagi mahasiswa UIN Maliki Malang semester 2 sampai semester 4 yang mempunyai minat dalam bidang fotografi, setelah mendaftar mereka akan melalui tahap interview dan kemudian pada tahap selanjutnya yaitu Pendidikan dan Latihan (DIKLAT) yang  ke XVIII.  Dari pendaftaran Diklat tahun ini memperoleh sebanyak 31 peserta yang diketuai oleh Asrori al Hakim
                Kegiatan Diklat ini merupakan kegiatan pengenalan tentang dunia fotografi sekaligus pengenalan peran dalam keorganisasian kepada para mahasiswa UIN Maliki Malang yang berminat dalam bidang fotografi. “Diklat disini sebagai pengenalan tentang UKM Jhepret Club fotografi, sekaligus semua hal yang berkaitan dengan dunia fotografi dan keorganisasian” Ujar Asrori selaku ketua pelaksana Diklat ke XVIII.
    Tujuan utama dari kegiatan tersebut adalah memperoleh regenerasi baru untuk mencetak fotografer profesional yang kreatif. Di samping itu, terdapat beberapa tujuan lainnya, diantaranya, sebagai penerus kepengurusan yang mempunyai komitmen tinggi sekaligus menambah relasi terhadap semua anggota Jhepret Club Fotografi dan  Komunitas Fotografi lainnya. Kegiatan Diklat ini selalu diadakan tiap tahun sekali pada semester ganjil.
                Dalam pelaksanaan kegiatan ini, panitia Diklat 2017 melibatkan semua anggota Jhepret Club Fotografi diantaranya, para pengurus Jhepret Club Fotografi periode 2017 serta Anggota Kehormatan Jhepret Club Fotografi, dan juga dibantu oleh UKM lain yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.
                Untuk tahapan yang harus dilakukan dalam mengikuti kegiatan Diklat tahun ini yaitu mengisi formulir pendaftaran, mengikuti interview (wawancara), sosialisasi tentang diklat indoor dan diklat outdoor serta pelaksanaannya.
                Kegiatan Diklat 2017 kali ini memiliki dua konsep yaitu Diklat indoor dan Diklat outdoor. Diklat indoor dilaksanakan pada tanggal 20-23 Februari di ruang sidang Ged. Jend. Besar H.M Soeharto Lt. 1 UIN Maliki Malang sebanyak 28 peserta. Dalam kegiatan ini membahas tentang materi – materi dasar fotografi diantaranya sejarah fotografi, pengenalan alat – alat kamera, segitiga exposure, rule of third, jenis – jenis fotografi sekaligus tentang keorganisasian di Jhepret Club Fotografi. Setelah semua materi disampaikan, anggota Diklat Jhepret Club Fotografi mengaplikasikan semua pemahaman yang mereka dapat melalui kegiatan Diklat outdoor. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24-26 Februari di luar kampus bertempat di Coban Rais. Jumlah peserta kali ini berkurang menjadi 26 peserta, sementara dua diantaranya didiskualifikasi dari pihak panitia Diklat karena tidak memenuhi persyaratan yang ada pada Diklat XVIII ini. Isi kegiatan yang telah disusun rapi selama Diklat outdoor berlangsung berupa hunting (motret) foto dengan dampingan dari panitia Diklat, game (bermain) dan pengakraban untuk semua anggota Jhepret Club Fotografi. Selama kegiatan diklat outdoor ini sebanyak 2 orang di diskualifikiasi karena mengundurkan diri ketika diklat berlangsung. Sehingga jumlah peserta Diklat XVIII tersisa 24 orang.
    Melihat proses kegiatan Diklat tahun lalu dengan tahun sekarang, ada beberapa perbedaan yang terjadi. Diantaranya adalah cuaca yang kurang bersahabat saat kegiatan pada hari kedua yang bertempat di coban rais camping ground 7. ketika Diklat tahun lalu dibanding Diklat tahun sekarang, dan tetntunya momen kali ini juga berbeda.” Ujar Dany sofi Mubarok selaku Ketua Umum UKM Jhepret Club Fotografi.
    Usai pelaksanaan diklat Outdooor selesai, semua peserta Diklat XVIII belum dinyatakan sebagai anggota lulus diklat (ALD), semua peserta wajib mebuat karya fotografi dengan mengaplikasikan materi yang telah diajarkan pada acara DIKLAT. Peserta di beri waktu selama satu minggu untuk hunting yang di dampingi oleh para pendamping dari pengurus. Setelah itu peserta diklat harus mempertanggung jawabkan hasil foto mereka pada waktu sarasehan berlangsung. calon anggota muda UKM Jhepret Club. “ini adalah langkah awal untuk menjadi anggota Jhepret Club, ini belum apa-apa” Ujar Ketum UKM Jhepret Club yang mempunyai gaya khas necis ini. “Semoga semua peserta Diklat XVIII mengikuti semua proses yang ada di UKM Jhepret Club Fotografi dengan baik. Itulah harapan kami sebagai pengurus UKM Jhepret Club Fotografi UIN Maliki Malang periode 2017-2018.



             


    0 komentar:

    Post a Comment

     
    Mohon Selalu Kritik & Sarannya Untuk Perubahan Yang Lebih Baik