• "Aku Ada Untuk Mengabadikanmu, Bersamamu Kulihat Dunia Nyata"

    PAMERAN LARUT DIFOTO XVIII







    Jhepret News- Minggu kemarin, tepatnya tanggal 1-3 Mei 2017 UKM Jhepret Club Fotografi mengadakan pameran Larut (Latihan rutin) anggota lulus Diklat ke – XVIII bertempat di gedung B lantai satu bagian Utara kampus UIN Malang, sebanyak 33 foto dipamerkan dari 23 pengkarya. Pameran dibuka oleh ALD, para pengurus periode 2017 serta perwakilan AK dan gunting pita oleh pak Puji Pratitis selaku pembina UKM Jhepret Club Fotografi.
                Pameran kali ini bertema “Ikilo Newbie” yang berarti seorang pemula, arti newbie dalam konteks ini adalah seorang pemula yang baru atau dalam proses pembelajaran ilmu fotografi, karena memang pameran ini adalah langkah awal sebagai bentuk pengaplikasian keseluruhan materi yang telah diajarkan pada saat Diklat dan Latihan rutin. Dengan tema ini peserta DIFOTO XVIII dapat lebih menunjukan bahwa “aku pemula, ini loh karyaku” walaupun seorang pemula namun dapat berkarya semaksimal mungkin dan percaya diri akan hasil karya yang dipamerkan.
                Proses hunting karya untuk lolos pameran Larut cukup intensif, karena tidak setiap karya dapat lolos dengan mudah melewati tahap kurator. Untuk dapat lulus kurator, anggota lulus Diklat (ALD) harus bekerja lebih keras untuk melakukan hunting demi mendapatkan hasil foto yang maksimal. Beberapa dari ALD rela hunting ke luar kota dan menghabiskan waktu mereka untuk hunting bahkan menginap beberapa hari di lokasi hunting dan mendaki gunung.




    Tak hanya itu, pendamping dari pengurus juga melakukan pendampingan hunting dengan maksimal di setiap hunting ALD. Hal ini perlu dilakukan mengingat agar hunting bisa dilakukan dengan maksimal dengan adanya pendampingan” singkat Asrori al Hakim selaku ketapel.
    Anggota lulus Diklat diberi waktu selama 2 minggu untuk hunting dan alhamdulillah menghasilkan 33 foto dengan berbagai genre mulai dari landscape, food fotografi, model, still life, human interest, dan street fotografi dengan kurator Ridwan Khairil Mufid dan Naufal A. Mujadid.
                Dekorasi pameran kali ini cukup menarik karena instalasi ditambahi dengan lampu yang cukup banyak dan ruang pameran yang tertutup dengan geber hitam. “jadi pengen ngulang pameran lagi nih” ujar Adin selaku pengurus JC angkatan 17.
    Jumlah pengunjung yang datang sebanyak  200 lebih dari mahasiswa UIN sendiri dan pengunjung dari beberapa forkom se Jawa Timur menandakan antusiasme mahasiswa untuk melihat karya foto anggota lulus diklat JC XVIII.
                Kemudian di hari keempat diadakan sarasehan yang bertempat di gedung SC lantai 1 diikuti oleh para pengkarya dan dihadiri oleh mahasiswa, Forkom Malang dan dari luar kota Malang, para pengurus JC, Anggota biasa dan anggota kehormatan JC. Acara berlangsung dengan diskusi foto yang cukup menegangkan tapi santai karena ALD harus mempertanggung jawabkan hasil karyanya dengan penjelasan yang detail dan logis.
    ameran kali ini cukup menarik dan mempunyai beberapa kategori foto terbaik yang di raih oleh Arifki Setya selaku pengkarya foto yang berjudul Lady Bug dengan perhitungan voting foto tervaforit dari pengunjung pameran.











     

    0 komentar:

    Post a Comment

     
    Mohon Selalu Kritik & Sarannya Untuk Perubahan Yang Lebih Baik