• "Aku Ada Untuk Mengabadikanmu, Bersamamu Kulihat Dunia Nyata"

    Hunting Besar Di 10 UMKM Kota Malang





    Jhepret News- Malang merupakan kota sejuta pariwisata, mulai dari keindahan alam, wisata kuliner dan kerajinan uniknya. Oleh karena itu, belum lengkap rasanya jika keindahan kota Malang tidak diabadikan dalam bentuk sebuah karya seni fotografi. Siapa sih yang tidak suka foto? Kegiatan yang secara tidak sadar kita lakukan setiap hari baik melalui insta story dan upload foto selfie yang semakin hari semakin menjadi budaya hidup masa kini. Hal ini yang menjadi perhatian bagi sebagian Mahasiswa kota Malang yang hobi dalam bidang fotografi, salah satunya organisasi kampus yang bergerak di bidang fotografi yang berasal dari UIN Maliki Malang yaitu unit kegiatan mahasiswa (UKM) Jhepret Club Fotografi yang terus eksis berkarya dan memiliki agenda Hunting Besar setiap tahunnya yang menggali berbagai informasi dan penelitian tentang keunikan Indonesia melalui sarana fotografi.
                    UKM Fotografi UIN Malang memiliki beragam kegiatan setiap tahunnya. Dan salah satu agenda terbesar di UKM kali ini yakni Hunting Besar. Hunting Besar kali ini bertema usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kreatif yang ada di kota Malang yang terdiri dari produk kerajinan tangan seperti pembuatan cangkir, vas bunga, piring dan peralatan rumah tangga yang terbuat dari keramik, pembuatan payung mutho, wayang kulit, pembuatan bingkai dan lukisan, dan masih banyak lagi. Selain produk kerajinan tangan, kami juga memilih beberapa UMKM kreatif yang bergerak di bidang makanan seperti mie sehat yang berada di Jl. Toba, Sawojajar, yang menawarkan mie sehat yang berbahan dasar sayuran organik tanpa bahan pengawet dan cukup menarik perhatian warga sekitar dan mahasiswa yang tentunya senang akan wisata kuliner.
                    Hunting Besar kali ini kami memilih 10 UMKM kreatif dan layak diperkenalkan kepada masyarakat luas. Bahwa kota Malang memiliki UMKM yang selama ini tidak diketahui oleh sebagian warga Malang sendiri. Pengkarya dibagi menjadi 10 kelompok yang terdiri dari anggota UKM Jhepret Club Fotografi UIN Maliki Malang sebanyak 41 anggota sebagai pengkarya foto. Hunting dilakukan selama satu minggu dimulai pada tanggal 21 – 27 September 2017 dan dilakukan secara serentak.
                    Dilaksanakannya pameran Hunting Besar yang bertema “Swakarya Niaga” ini bertujuan untuk menggali informasi terkait UMKM yang terdapat di kota Malang dan sebagai sarana untuk memperkenalkan sekaligus mengangkat eksistensi UMKM kreatif buatan warga Malang sendiri yang tentunya perlu perhatian yang utuh dari pemerintah dan warga sekitar. Selain itu pameran ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan skill dan kreatifitas anggota Jhepret Club dalam seni fotografi yang merupakan organisasi intra kampus UIN Maliki Malang yang bergerak dalam bidang fotografi.


             Setelah acara hunting selesai, selanjutnya karya foto akan di pamerkan di Gallery Raos Batu selama lima hari mulai tanggal 1 sampai 5 November 2017 dibuka dari pukul 16.00 – 21.00 WIB. Kemudian dilanjutkan pameran yang bertempat di “Car Free Day” Malang pada tanggal 12 November mendatang. Karya yang dipamerkan merupakan karya yang telah lolos seleksi dari dua kurator yaitu mas Lukman Hanif dan mas Ajay. Sebanyak 87 karya dipamerkan dari 43 pengkarya, foto terdiri dari berbagai jenis kegiatan produksi yang beragam dan tentunya sangat menarik perhatian. Kombinasi warna dan teknik pembuatan barang-barang kerajinan yang unik dan khas nusantara banget, alat-alat yang digunakan juga sebagian besar merupakan alat yang sederhana dan digunakan sejak lama yang memiliki keunikan tersendiri dan perlu teknik untuk menggunakannya. “semoga pameran ini menjadi pemicu perkembangan UMKM yang ada di kota malang agar memiliki daya saing dengan produk luar negeri dan menjadikan kita lebih bangga dan mencintai produk dalam negeri sendiri” papar Muzakki sebagai ketua pelaksana pameran “Swakarya Niaga” ini.

    0 komentar:

    Post a Comment

     
    Mohon Selalu Kritik & Sarannya Untuk Perubahan Yang Lebih Baik