• "Aku Ada Untuk Mengabadikanmu, Bersamamu Kulihat Dunia Nyata"

    DODDY BENING BERBAGI TIPS FOTO STROBIST


    JhepretNews-Komunitas pecinta fotografi Jhepret Club Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dalam rangka memperingati hari jadinya (Milad) ke-20 menggelar workshop fotografi menghadirkan seorang fotografer profesional Doddy Bening, Senin (22/4).


    1998_doddyi.jpg


    Mengawali workshop yang bertajuk menghasilkan foto executive potrait berkualitas dengan peralatan & budget terbatas itu, Doddy mengajak seluruh peserta untuk menjelaskan persoalan kualitas alat dengan hasil jepretan.
    Doddy menegaskan bahwa alat mahal itu sebenarnya menawarkan kemudahan, kecepatan, dan penampilan saja saat pemotretan, bukan kualitas foto.
    "Jika masih berfikir foto bagus itu karena alatnya mahal, itu salah," tegasnya.
    Fotografer profesional di bidang teknik strobist itu menjelaskan bahwa semua fotografer pemula harus menghilangkan pemikiran bahwa foto bagus itu karena alatnya mahal. Padahal tidak seperti itu. Lalu kenapa kok ada kamera yang mahal? Karena kamera mahal menawarkan kecepatan. " Soal kualitas foto itu tergantung kreativitas dari si fotografer itu sendiri," tegasnya.


    1997_jc.jpg

    Kamera mahal tidak serta merta menghasilkan foto yang bagus. Namun dengan alat seadanya, fotografer yang kreatif akan dapat menghasilkan foto yang eksklusif. "Setelah materi ini, kita akan sama-sama buktikan bahwa kamera murahan itu bisa menghasilkan foto yang bagus dan wow," jelasnya.
    Melalui teknik Strobist, Doddy mengajak seluruh peserta workshop untuk praktik langsung menghasilkan foto yang berkualitas tinggi. Bahkan dia juga mempraktikkan foto tethering, atau foto yang terhubung langsung dengan laptop atau komputer. "Nanti saya akan praktikkan foto strobist ini dengan teknik tethering yang langsung terhubung ke laptop," jelasnya.
    Ini tujuannya untuk mempercepat proses belajar bersama agar hasilnya bisa langsung dilihat bersama. Teknik ini bisa dilakukan dengan dua cara yaitu teknik wifi dan kabel. Pasalnya tidak semua kamera memiliki fasilitas wifi. "Saya ingin merubah minset semua peserta, bahwa kamera murahan bisa menghasilkan foto yang bagus," tegasnya. (aj/ilm/nhl)


    2005_doddy-bening-jc.jpg

    0 komentar:

    Post a Comment

     
    Mohon Selalu Kritik & Sarannya Untuk Perubahan Yang Lebih Baik