• "Aku Ada Untuk Mengabadikanmu, Bersamamu Kulihat Dunia Nyata"

    Membuat Foto Hitam Putih Menjadi Dramatis


    Sumber https://unsplash.com


        BW - Dalam fotografi, foto hitam putih memiliki daya tarik tersendiri dalam sebuah seni. Untuk memotret foto hitam putih yang keren dibutuhkan sedikit kejelian agar terlihat lebih mendalam pada sebuah foto. 

        Foto hitam putih dianggap lekat dengan tone monokrom yang dapat menghidupkan emosi pada sebuah foto agar terkesan mendalam. Untuk dapat menciptakan foto hitam putih yang dramatis dibutuhkan detail-detail penting untuk mendongkrak hasil jepretan, diantaranya komposisi, detail subjek, atau bahkan efek-efek tertentu. Simak tips untuk membuat foto hitam-putih menjadi dramatis.

    1. Mengatur warna hitam-putih pada foto

        Warna yang ada pada foto hitam-putih bukan hanya sekedar warna monokrom, tetapi foto hitam-putih memiliki serangkaian skala abu-abu yang menghasilkan spekturm hitam dan putih. Jika warn ini dimainnkan akan hitam tercipta paduan warna-warna tersendiri.

    2. Memperhatikan komposisi kontras pada foto hitam-putih

        Komposisi kontras pada foto hitam putih bukan hanya warna abu-abu saja yang dapat berperan tetapi hitam juga masuk dalam sebuah frame. Didalam frame foto hitam-putih juga dapat bermain kontras untuk mengatur kedalaman serta ketajaman hitam yang ada pada foto. 

    3. Memperhatikan gradasi 

        Gradasi memiliki peran dalam frame foto hitam-putih dalam berbagai tingkat kecerahan/ kepekatan abu-abu yang memberikan nuansa pada sebuah foto. 

    4. Waspada grain dan noise

        Grain dalam sebuah foto yang muncul di film berbentuk bitnik-bintik sebagai konsekuensi dari tingginya kepekaan film foto. Ketika semakin kecil ISO (misalnya ISO 100) semakin kecil grain dan semakin besar ISO (3200) maka semakin besar grain. Sedangkan noise digunakan untuk mewakili fotodigital yang berbasis pixel.

    Referensi :

    https://urbandigital.id/memotret-foto-hitam-putih/

    https://kumparan.com/inspirasi-shopee/5-tips-membuat-foto-hitam-putih-yang-dramatis-1546400488102712839/full

    https://inet.detik.com/fotostop-tips-dan-trik/d-3637004/tips-bikin-foto-hitam-putih-yang-dramatis



    0 komentar:

    Post a Comment

     
    Mohon Selalu Kritik & Sarannya Untuk Perubahan Yang Lebih Baik