• "Aku Ada Untuk Mengabadikanmu, Bersamamu Kulihat Dunia Nyata"

    Mengenal Fotografi Analog



    Belakangan ini fotografi analog kembali diminati para fotografer. Kebanyakan peminat dari fotografi analog ini adalah kaum remaja yang berada pada masa-masa mengeksplor berbagai hal dari dalam dan luar diri sendiri. Fotografi analog merupakan kegiatan fotografi yang dilakukan menggunakan kamera analog. Kamera analog menggunakan roll film yang dimuat di dalam kamera yang hasil jepretan kamera akan terekam oleh film tersebut. Lebih singkatnya, fotografi analog mengacu kepada fotografi yang menggunakan kamera dan film analog. Oleh karena itu, fotografi analog sering disebut juga dengan fotografi film.

     

     

    Terdapat berbagai macam kamera analog dan ukuran film sesuai dengan kebutuhan dan keinginan fotografer. Kamera analog tersebut seperti single-lens reflect (SLR), twin-lens reflect (TLR), kamera point and shoot, kamera pin hole, kamera rangefinder, kamera medium format, dan kamera instan atau sering disebut dengan polaroid. Rol film yang tersedia pun berbagai macam sesuai dengan format kamera yang digunakan.

    Beberapa kamera menggunakan film 35mm, beberapa menggunakan film 110mm, ada pula menggunakan 120mm, dan beberapa menggunakan film instan. Di antara film-film ada, yang paling sering digunakan yaitu film ukuran 35mm yang dicirikan menggunakan tabung dan terdapat lubang sproket. Sebaliknya, 120mm lebih besar dan menghasilkan foto persegi. Film 110mm menghasilkan foto kecil. Sedangkan foto instan tidak perlu melakukan proses cetak yang lama di lab. Selain itu, film analog terdapat dua tipe warna yang dihasilkan yaitu film foto berwarna dan film foto hitam-putih atau black and white (BW).

     


    0 komentar:

    Post a Comment

     
    Mohon Selalu Kritik & Sarannya Untuk Perubahan Yang Lebih Baik